3 Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

3 Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca - Flashdisk merupakan benda kecil namun memiliki tugas dan fungsi yang begitu istimewa, dimana dengan benda yang satu ini ragam file/dokumen penting dapat dengan mudah menyelinap masuk kedalam flashdisk, disimpan (save)

Tak hanya itu saja, keberadaan flashdisk seringkali difungsikan untuk memindah file dari satu PC, komputer/laptop ke media sejenis komputer lainnya. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan benda mungil ini begitu berarti dan sangat mudah dijadikan sahabat dekat dengan segala pekerjaan yang berhubungan dengan dunia komputer.

Zaman seperti saat ini, produk/vendor flashdisk berlomba-lomba menciptakan desaign dan komponen ruang penyimpanan lebih besar untuk memudahkan para penggunanya.

Baca Juga:

Dari fungsi dan tupoksi yang diembannya sayang alat elektronik yang satu ini cukup rentan mengalami berbagai problematika, jika dalam penggunaannya tidak diterapkan secara  benar dan tidak hati-hati seperti muncul istilah corrupt, tidak terbaca di komputer, sehingga seringkali menimbulkan rasa emosi, bahkan rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Bagi orang yang masih belum memahami, tentu menjadi masalah yang cukup meresahkan dan bagaimana cara memperbaikinya.

Apabila Anda pernah menemukan gejala corrupt atau tidak terbaca. Cara dibawah ini bisa Anda jadikan sebagai bahan wawasan/referensi apabila menemukan gejala seperti yang telah disebutkan diataster

Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

Berikut Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

1.  Instal Ulang

Langkah mudah yang pertama yakni dengan cara mneginstal ulang driver USB/flashdisk tersebut apabila terdapat perintah tidak terbaca

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Goresan di Layar Ponsel

Colokkan/hubungkan flashdisk pada komputer atau laptop. Kemudian buka menu Control Panel pada komputer, lalu pilih menu Hardware and Sound.

Lalu pilih menu Driver Manager dan cari Universal Serial Bus Controller. Kemudian buka menu dropdown, cari perangkat 'USB Mass Storage Device' biasanya diberi tanda peringatan berwarna kuning.

Klik kanan, pilih menu Uninstall. Kemudian cabut flashdisk dan colokkan/hubungkan kembali pada komputer atau laptop tersebut (pc yang dipakai)

2. White Protected. 

Cara mudah kedua yakni bisa dengan menggunakan White Protected. Namun metode ini memerlukan command prompt atau CMD. 

Buka menu Command Prompt. Caranya klik kanan pada logo Windows, kemudian pilih menu Command Prompt.

Lalu ketik perintah diskpart dan enter. Maka akan muncul jendela baru. Kemudian Ketiklah list disk untuk melihat daftar media penyimpanan tersedia. Pilih Select Disk 2 (tergantung pada posisi flashdisk diletakkan pada nomor berapa di komputer/laptop/pc).

Selanjutnya, klik attributes disk clear readonly lalu klik clean, dan create participation primary. Kemudian ketik perintah format fs=fat32 (fat32 ini bisa diubah dengan ntfs) lalu keluar (exit) 

3. HDD Low Level Format

Cara mudah memperbaiki flashdisk rusak ketiga yakni juga bisa dengan menggunakan HDD Low Level Format.

Colokkan/jubungkan flashdisk pada komputer, laptop/pc. Download software HDDGURU Low Level Format.

Berikutnya, instal program tersebut dengan cara klik kanan, pilih menu Run as Administrator.

Pilih USB lalu klik menu Continue, dan selesai.

Selanjutnya kamu bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasanya.

Itulah 3 Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah berkunjung ke blog pendidikanterbaru.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca"

Posting Komentar